Rabu, 11 September 2013

Langkah-Langkah yang harus di perhatikan agar dapat menolak godaan dari teman


Dua anak lelaki menawarkan rokok kepada temannya

Bagaimana Aku Bisa Menolak Godaan?


Yang bisa kamu lakukan

Pertama, sadarilah bahwa kamu harus bertanggung jawab atas perbuatanmu, tidak soal apa yang dilakukan teman-temanmu.
Kedua, kenali godaan yang paling sulit kamu tolak.
Berikutnya, tanyai dirimu, ’Kapan godaan ini kemungkinan besar bakal muncul?’ (Sewaktu di sekolah? Di tempat kerja? Tempat lain?) Dengan tahu kapan godaan mungkin bakal muncul, kamu bahkan bisa menghindarinya sama sekali.
Sekarang, kamu siap bertindak. Prioritas pertama ialah memikirkan cara meminimalkan godaan atau menyingkir darinya. (Contoh: Jika sepulang sekolah kamu sering berpapasan dengan teman-teman yang mendesakmu untuk merokok, mungkin kamu bisa lewat jalan lain.) Ingatlah fakta ini: ”Teman” yang memengaruhi kamu untuk melakukan hal buruk bukan teman sejati.

Seorang remaja dipaksa menarik muatan yang berat

Jika kamu menyerah pada godaan, kamu diperbudak oleh hasratmu sendiri
Tentu, kamu tidak bisa menghindari semua godaan. Cepat atau lambat, kamu mungkin akan menghadapi godaan yang amat kuat—barangkali di saat kamu tidak menduganya. Apa yang bisa kamu lakukan?
Kuncinya adalah mempersiapkan diri!
Pikirkan: Yesus tahu pendiriannya dalam soal moral. Ia bertekad untuk selalu menaati Bapaknya. (Yohanes 8:28, 29) Jadi, kuncinya adalah mengetahui di muka apa pendirianmu.
Latihan. Coba pikirkan dua alasan mengapa kamu harus menolak godaan yang paling sering kamu hadapi, lalu pikirkan dua tindakan yang dapat membantumu menolak godaan itu.
Kamu mau dikendalikan orang lain? Bersikaplah dewasa dan lakukan apa yang kamu tahu benar. (Kolose 3:5) Dan, berdoalah seraya kamu terus berupaya.—Matius 6:13.

Sumber : http://www.jw.org/id/ajaran-alkitab/keluarga/kaum-muda/bertanya/godaan-untuk-melakukan-hal-buruk/

Tidak ada komentar: